MENGHAPUS DATA SECARA PERMANENT DARI HARDDISK KITA

29 Mei

MENGHAPUS DATA SECARA PERMANENT DARI HARDDISK KITA.

 

jika suatu saat kita akan menjual atau mewariskan harddisk lama kita (bisa PC lengkap) kepada orang lain, kita harus hati-hati jika harddisk tersebut telah digunakan untuk menyimpan data-data penting kita, atau data yang seharusnya orang lain tak boleh melihatnya.

 

Kebanyakan kita-kita bila akan menjual atau memberikan komputer kita ke pihak lain, kita hanya menghapus (delete) data kita saja, ada yang memformatnya, atau hanya sebatas memartisi kemudian menginstal ulang.

 

Namun jika pv atau harddisk tersebut jatuh ke tangan orang yang salah bisa saja semua data yang telah kita delete/format tersebut bisa diambil lagi. Bahkan bisa masuk berita heboh kalo ada file-file yang seharusnya tak boleh di ketahui orang lain.

 

Untuk itu yang perlu diperhatikan jika kita akan membuang harddisk atau komputer kita Langkah yang harus diperhatikan adalah:

 

  1. Jangan hanya men-delete data dan mengkosongkan recycle bin
  2. Jangan hanya mem-format harddisk
  3. Dan jangan hanya memformat kemudian menginstal ulang operating sistemnya

 

Sebagai gambbarannya untuk memahami cara kerja penyimpanan data pada harddisk adalah sebagai berikut: Ketika data informasi di tulis pada harddisk, lokasi informasi di simpan pada sebuah file yang disusun dalam sebuah tabel layaknya buku. Pada komputer yang menggunakan OS DOS atau windows, file allocation Table (FAT) atau master file Table (MFT) manangani informasi ini. Ketika sebuah file di hapus FAT atau MFT diperbaharui untuk memberikan informasi bahwa kapasitas atau space tersedia lebih, namun kenyataanya data tersebut belum pergi dari tempatnya sampai data baru ditempatkan di lokasi tersebut. Hanya cukup menggunakan undelete tools kita bisa memanggila file yang telah dihapus tersebut. Atau kita bisa menggunakan Drive Saver untuk menggembalikan data yang telah rusak baik secara physically maupun electrically.

 

Berikut adalah cara-cara supaya kita bisa menghapus data dari harddisk secara permanet dan tak bisa di kembalikan lagi.

 

MENGGUNAKAN UTILIY WIPE

Salah satu cara adalah dengan menggunakan utility Wipe, dengan utility ini kita bisa menghapus secara permanet data-data kita. Berikut ini beberapa utility ini yang bisa kita dapatkan secara gratis.

 

Darik’s Boot and Nuke – Program bisa untuk booting dari floppy atau cd untuk menghapus drive

 

Eraser Oleh Heidi Computers Limited

Active@ KillDisk

Jika kamu ingin menjual atau memberikan komputer kamu silahkan hapus data anda dengan software-software diatas.

 

DEGAUSSING HARD DRIVE

Deagaussing adalah proses penghapusan dengan medan magnetik, ini khusus untuk media yang penyimpannnya menggunakan prinsip medan magnetis (piringan magnetis). cara ini lebih susah karena perlu peralatan khusus untuk degaussing, yang tak murah juga untuk peralatan ini.

 

HANCURKAN HARDDISK SECARA FISIK

cara ini adalah cara paling kejam, yaitu dengan cara menghancurkan harddisk tersebut, namun ini bisa dilakukan supaya benar-benar terjamin kerahasiaan data yang pernah ada, mungkin cocok buat lembaga-lembaga yang memang gak butuh untuk menjual aset yang telah lama, dan untuk keamannya paling memungkinkan memang harus di hancurkan.

Iklan
%d blogger menyukai ini: